Penayangan

August 22, 2016

Apa itu parkour dan freerunning?

Pertanyaan yang sangat bagus! , bersiap-siaplah untuk ber-argumen.. Haha
Kata parkour berasal dari bahasa Perancis "parcours", yang secara harfiah berarti, "cara melalui", atau "jalan pintas". yang kita semua sekarang tahu bahwa "Parkour" memiliki asal-usul dalam program pelatihan bagi  Pasukan
Khusus perancis yg dikenal sebagai "Parcours du combattant", atau "The Path of Warrior". David Belle, seorang Perancis, putra seorang Prajuritbersaings perancis dan "penemu" dari Parkour, yang mengubah huruf "c" pada parcour dengan "k" dan, bersama dengan rekan-rekannya Yamakazi, yg mulai memperkenalkan parkour ke seluruh dunia dan sekarang fenomena ini dikenal sebagai Freerunning (bingung kan? Jangan menyerah! Kau hampir paham!)
Menurut definisi, Parkour adalah tindakan bergerak dari titik "a" ke titik "b" dengan melalui rintangan secepat dan se efisien mungkin. Kedengarannya seperti permainan menyenangkan, bukan? Sebuah gerakan dasar parkour seperti "tic-tac", "kong vault" dan "gap melompat" yang membuat Parkour segera dikenali orang yang melihatnya, bahkan meski mereka tidak tahu olahraga apa itu!
Dalam berjalannya waktu. Yamakasi mulai membuat gerakan-gerakan kreen, dan kreative, karena tidak ada hal yg mengejar mereka (most of time) bagian dari gerakan dasar parkour yaitu efisiensi gerak menjadi kurang dan kurang diperhatikan, lalu Yamakazi memutuskan mereka ingin mulai melakukan flip dan hal-hal yg umumnya hanya mengekspresikan diri melalui gerakan. Pemimpin kelompok  bernama Sebastian Foucan, pria dari film CASINO ROYALE adalah sahabat davidbelle. David Belle memutuskan dia ingin tetap dengan program efisiensi gerak, sehingga ia dan Sebastian berpisah, sebastian mulai memperkenalkan parkour dengan nama Freerunning, dan "dua" olahraga mulai berkembang di sepanjang jalur yang terpisah tetapi paralel.
Untuk waktu yang lama, orang berdebat tentang yang mana (dan yang lebih baik!) Tapi sementara mereka sibuk melakukan hal itu sejumlah besar orang baru (dan beberapa gadis) datang berlatih bersama-sama atau secara terpisah, mereka mempelajari kreativitas gerakan yang mereka lihat di YouTube, dan kemudian berbagi(sharing) melalui videos mereka sendiri. Beberapa orang melakukannya untuk waktu sendirinya, ada yang hanya keluar untuk mengekspresikan gerakannya. Beberapa melakukannya di lingkungan perkotaan, beberapa di hutan. Beberapa orang berpikir itu tidak harus kompetitif atau dikomersialkan dengan cara apapun. Beberapa sangat ingin bersaing, semua orang sibuk menyebut apa yang mereka lakukan? Pada akhirnya, sebagian besar dari mereka memutuskan itu semua hanya gerakan, dan yang lebih penting, itu semua hanya bermain dan kesenangan.
Nilai nilai Parkour dalam fundamental, filosofi, dan cara hidup adalah cara memandang lingkungan apapun dan percaya dalam hatimu, bahwa tidak ada halangan dalam hidup yang tidak bisa diatasi. Setiap orang adalah individu yang unik, sehingga tidak ada dua orang akan datang dengan solusi yang persis sama, tetapi ada "jalan melaluinya" bagi kita semua.
Anak-anak kecil semua belajar berjalan dengan langkah mereka sendiri dan dengan cara mereka sendiri, mereka tidak mulai dengan melompat dari atap, dan tidak peduli berapa kali mereka jatuh saat mulai berjalan, mereka tidak pernah menyerah. Fakta dasar itu tidak pernah berubah. Kami hanya perlu bangkit dan mulai bermain dengan apa pun yang menantang kita sekarang, dan untuk berpegang pada motto kami, "Know obstacle know freedom!"
Kesimpulan dari ku Parkour dan Freerunning adalah satu kesatuan yg tak bisa di pisahkan.

No comments: